BIMTEK KAWASAN KOMODITAS SAPI POTONG DI KTT. PUTRA SEJAHTERA

Pejarakan.desa.id – Untuk meningkatkan wawasan dan perkembangan sapi potong di Kawasan kecamatan Gerokgak pada umumnya dan di Desa Pejarakan pada khususnya, tepatnya di Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera. Pada Hari Selasa 15 Mei 2018 pukul 12.00 Wita diadakannya Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kawasan Komuditas sapi potong. Kegiatan BIMTEK kali ini dilakukan oleh BPTP Bali dan dihadiri langsung oleh Kabid. Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, PPL. Desa Pejarakan beserta Anggota dan Pengurus Kelompok Tani ternak Putra Sejahtera.

Acara BIMTEK dimulai dengan pembukaan dari Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng (Bapak Made Suarsana) dan di lanjutkan dengan pembukaan perwakilan BPTP Bali (Bapak Made Londra). Dilanjutkan dengan pembahasan tentang perkembangan dan pengembangan pakan ternak indigofera serta cara – cara penyiapan pakan ternak untuk dimusim kemarau. Bapak Made Londra menegaskan agar pengembangan pakan ternak untuk dimusim kering bisa dilakukan dengan system SILASE dan HAY. Tidak lupa juga Bapak Made londra berpesan kepada semua Anggota dan Pengurus Kelompok Tani Ternak putra Sejahtera agar membuat pakan cadangan SILASE dan HAY secara berkelanjutan. Untuk pengembangan Komoditas sapi potong maka BPTP Bali akan mengadakan perbandingan sapi yang bunting diatas 6 bulan. Sapi tersebut akan diberi pakan 10 % dari berat badannya dan 30 %nya diberikan pakan hijauan. Dari pakan hijauan 9 %nya akan di berikan indigofera dan polar secukupnya. Diharapkan dengan hal tersebut bisa mendapatkan bayi sapi yang lebih besar dan lebih sehat.

Acara BIMTEK selanjutnya didisi oleh Doktor Hewan Wayan Sudarma. Doktor Hewan Wayan Sudarma menerangkan ciri – ciri sapi sakit dan cara – cara pengobatan dan pencegahannya. Diharapkan dengan informasi yang di berikan para peternak dapat mengantisipasi dan mengobati ternaknya sendiri, minimal bisa melakukan pengobatan pertama sebelum Dokter Hewan datang. Acara selanjutnya diisi dengan pengecekan Indigofera dan Sapi ternak di kandang koloni.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan