EVALUASI LOMBA TANI TERNAK TINGKAT PROVINSI

Pejarakan.desa.id – Pada Hari Senin 26 Maret 2018 Kelompok Tani ternak putra Sejahtera mengadakan  pertemuan membahas tentang Evaluasi Lomba Tani Ternak Putra Sejahtera yang akan mengikut lomba tingkat Provinsi. Pertemuan kali ini dihadiri oleh Team Evaluasi dari Provinsi, Team penyuluh Kabupaten Buleleng, Kepala Desa Pejarakan, Koordinator Kecamatan, PPL Pejarakan beserta seluruh anggota dan pengurus Klompok Tani ternak Putra Sejahtera.

Evaluasi kali ini membahas tentang administrasi Kelompok Tani ternak putra Sejahtera, pengecekan Kandang Koloni  beserta sapi Integrasi, Persemaian Bibit Pakan Ternak, dan pengecekan kandang pembantu yang dimiliki oleh anggota kelompok ternak. Menurut  Team evaluasi yang hadir dan melakukan pengecekan langsung, mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu di lengkapi baik itu administrasi, kesiapan kandang pembantu, dan informasi di kandang koloni Integasi. Kalau di administrasi Biodata perlu dilengkapi tentang biodata anggota beserta keluarganya, perlunya ada tambahan buku produksi di kelompok, perlunya pembuatan MOU (surat kesepakatan) dengan rekan kerja, dan sertifikat Kelompok dari Dinas Kabupaten Buleleng.Unit Usaha dan pencatatan produksi  masih perlu dibuat untu melengkapi bidang administrasi kelompok. Dari bidang Hulu-hilir  catatan kepemilikan ternak, klasifikasi bibit juga masih perlu dibuatkan pembukuannya.

Perwakilan team evaluasi dari Provinsi dan Kabupaten mengharapkan untuk administrasi tidak hanya dilengkapi pada saat mau ada Evaluasi saja, melainkan diisi secara berkelanjutan guna tertibnya administrasi dan keutuhan kelompok. Tidak Kalah Penting Kepala Desa Pejarakan Bapak I Made Astawa juga menghimbau kepada semua Anggota dan pengurus Kelompok agar tetap mempertahankan kerukunan atar anggota dan kelompok guna tercapai tujuan yang diharapkan, dengan demikian diharapkan pula dengan adanya Kelompok Tani ternak ini bias membangun perekonomia di Tingkat kelompok dan Tingkat Desa. Dengan demikian besar harapan Kepala Desa agar bias menjadi Kelompok Tani Ternak yang mandiri dan akan membuat Desa yang mandiri pula.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan