PULAU MENJANGAN SURGA TERSEMBUNYI DI BALI BARAT

Diving di Menjangan

Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi oleh Wisatawan baik Wisatawan Local maupun Manca Negara. Salah satunya adalah objek wisata Pulau Menjangan Bali Barat. Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil dan pulau yang terpencil, terletak di sebelah barat Pulau Bali, Sesuai dengan namanya, pulau ini dihuni oleh menjangan (jenis rusa liar). Diatas Pulau ada banyak jenis Pura yang dibuat dengan alami yang sering kita dengar dengan sebutan Pura Gili Menjangan. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat. Daya tarik utama pulau ini terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah laut, selain itu pulau ini tidak berpenghuni. Karena keindahan pemandangan bawah laut, maka pulau ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat Snorkeling dan Menyelam di Pulau Bali.

Pada saat wisatawan pertama kali tiba di pulau ini, anda akan melihat kawasan pantai pasir putih dan banyak Pura – pura di atasnya. Selain itu, air laut berwarna biru dengan gradasi warna hijau yang sangat memanjakan mata yang melihatnya. Hal yang membuat adanya gradasi warna pada air laut, karena dasar di laut terdapat banyak terumbu karang yang tumbuh subur di dasar laut. Terumbu karang yang masih alami dihuni oleh ribuan jenis biota laut dan jutaan ikan berwarna-warni dan beraneka jenis.

Pulau ini sangat kecil dan terpisah dari daratan pulau Bali. Oleh karena itu para wisatawan harus menggunakan perahu bermotor untuk menyeberang ke Pulau Menjangan. Sebagian besar wisatawan yang ingin berlibur ke pulau Menjangan akan menyeberang melalui Pelabuhan Banyumandi dan Pelabuhan Labuhan Lalang. Pelabuhan Banyumandi berada di wilayah Banjar Dinas Batu Ampar, Desa Pejarakan dan Pelabuhan Labuhan Lalang berada di Desa Sumberklampok. Perjalanan menggunakan perahu bermotor hanya ditempuh kurang lebih 45 menit perjalanan sedangkan kapasitas perahu bermotor kurang lebih 10 Orang.

Aktivitas liburan yang di sukai wisatawan saat liburan ke pulau Menjangan adalah aktivitas snorkeling atau Menyelam. Lokasi Snorkeling  dan Menyelam di pulau Menjangan ini tidak hanya ada di satu tempat saja melainkan ada beberapa tempat yang sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Kehidupan bawah laut yang masih alami, banyaknya jenis terumbu karang dan banyaknya jenis biota laut menyebabkan Pulau menjangan bisa dikatakan menjadi surga yang tersembunyi yang berada di Bali Barat. Menurut data Taman Nasional Bali Barat Jutaan pengunjung per-tahunnya yang datang untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan, baik itu wisatawan local maupun Manca Negara.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan