PENGEMBANGAN BIO-URINE DARI BPTP BALITBANGTAN BALI

BPTP BALITBANGTAN BALI yang diwakili oleh Bapak I Made Londra, S. PT, MP, sebagai penanggung jawab kegiatan dan Bapak Ida Bagus Arimbawa,MP pada Hari Jumat 15 Desember 2017 menyempatkan diri untuk hadir ke Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera, Banjar Dinas Pejarakan, Desa Pejarakan, kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Kehadiran mereka bertujuan untuk memberikan bantuan Pompa air untuk sirkulasi urine sapi yang akan dibuat Bio-urine dan pengecekan bibit bibit Indigofera yang sudah mulai siap tanam dan diharapkan berkembang dengan baik di Desa pejarakan.

Bapak I Made Londra, S. PT, MP adalah sebagai penanggung jawab kegiatan dan pemberi pelatihan teknis untuk Produksi Bio-Urine ternak sapi di Kelompok Tani ternak putra Sejahtera yang pelatihan nya sudah dilakukan sejak 21 Nopember 2017 yang lalu. Kedatangan Bapak I Made Londra, S. PT, MP kali ini untuk memberikan bantuan pompa air yang nantinya akan digunakan untuk sirkulasi urine sapi yang sudah terkumpul ke bak penampungan fermentasi dan setelah di fermentasi bio-urine tersebut di masukan ke dirigen dirigen penampungan bio-urine dan setelah itu sudah bisa dipergunakan oleh Anggota Kelompok tani ternak putra Sejahtera untuk memupuk tanaman yang sedang dikembangkan. Pemupukan dengan menggunakan Bio-urine bertujuan untuk mengurangi pengeluaran petani dalam hal biaya pembelian pupuk, karena dilihat di era sekarang harga pupuk sangat mahal dan langka. Disamping itu pula diharapkan setelah penggunaan pupuk Bio-urine ini penghasilan para petani bisa meningkat.

Kedatangan Bapak Ida Bagus Arimbawa,MP juga bertujuan untuk melihat perkembangan bibit bibit Indigofera yang sudah dilakukan penyemaian oleh anggota kelompok Tani ternak putra Sejahtera sejak kurang lebih dari 2 (dua) Bulan lalu. Hasil yang didapatkan dari perkembangan bibit Indigofera sangat bagus dan sudah mulai bisa ditanam oleh anggota kelompok. Tujuan dari penanaman pakan ternak Indigofera adalah salah satu cara untuk menanggulangi kekurangan pakan ternak saat musim kemarau dan pakan ternak Indigofera sangat cocok untuk perkembangan dan pertumbuhan sapi dikarenakan vitamin, protein dan zat zat yang dibutuhkan oleh sapi terkandung banyak di daun indigofera. Disamping itu diharapkan perkembangan sapi para petani bisa cepat gemuk dan besar dengan demikian secara tidak langsung akan memberikan hasil yang maksimal ke pada para petani ternak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan