PENDAMPINGAN KAWASAN NASIONAL KOMODITAS SAPI POTONG – BPTP BALITBANGTAN BALI

 

BPTP BALITBANGTAN BALI yang diwakili oleh Bapak I Made Londra,  S. PT, MP, sebagai penanggung jawab kegiatan dan Bapak Ida Bagus Arimbawa,MP. pada hari Selasa, 21 Nopember 2017 , Jam 12.00 Wita sampai selesai memberikan bimbingan teknis untuk Produksi Bio Urine ternak sapi, penggunaan pupuk organik cair dan Pengembangan pakan ternak Indigofera  di Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera Desa Pejarakan.

Bapak I Made Londra,S. PT, MP, yang dimana sudah kesekian kalinya datang Ke Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng untuk memberikan pengarahan, bimbingan, pelatihan dan pendampingan Kelompok Kelompok Tani Ternak Desa Pejarakan, yang salah satunya adalah Kelompok Tani ternak putra Sejahtera. Pada pertemuan kali ini Bapak I Made Londra, S. PT, MP. memberikan bimbingan teknis untuk Produksi Bio Urine ternak sapi dan penggunaan pupuk organik cair. Cara-cara pembuatan Bio Urine ternak sapi diantaranya :

  • Tampung Urine (kencing) ternak di bak penampungan.
  • Masukan fermenter (RB dan Azobacter) untuk 1.000 liter Urine difermentasi dengan RB 1 liter dan Azobacter 1 liter.
  • Selanjutnya diaduk dengan aerator (3 -4 jam).
  • Sehabis diaduk permukaan bak ditutup rapat dan didiamkan selama 7 hari.
  • Pada hari ke-8, Urine diputar dengan pompa sehingga naik turun dipompa selama 6-7 jam.
  • Proses terakhir ialah Bio Urine bisa diambil dan dikemas untuk selanjutnya bisa dipergunakan secara langsung atau disimpan.

Pada kesempatan ini juga Bapak Ida Bagus Arimbawa,MP. Memberikan bimbingan dan pelatihan budidaya pakan ternak Indigofera yang dimana pakan ternak indigofera sangat bagus untuk pakan ternak sapi dan pada musim kemarau pakan ternak indigofera bisa hidup serta berkembang dengan baik di desa pejarakan, yang dimana kita ketahui Desa Pejarakan merupakan kebanyakan lahan kering.  Di kelompok Tani ternak Putra Sejahtera sudah 2 kali melakukan penyemaian, yang pertama bibit-nya sudah ditanam di area kandang sapi dengan tinggi sekarang mencapai 2-3 meter dan persemaian bibit Indigofera yang kedua umurnya berkisaran 3-4 minggu dengan tinggi 5-10 cm dengan jumlah semai kurang lebih 1000 pohon.  Bibit-bibit ini nantinya akan di tanam di lahan-lahan anggota kelompok Tani Ternak putra Sejahtera untuk mempermudah para peternak sapi mencari pakan ternak baik itu di musim hujan maupun di musim kemarau.

Walaupun dalam keadaan turun hujan tetapi Bapak I Made Londra, S. PT, MP. , Bapak Ida Bagus Arimbawa,MP dan Kawan kawan tetap memberikan pengarahan, bimbingan dan pelatihan kepada Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera Desa Pejarakan dengan harapan Kelompok ini nantinya menjadi kelompok yang maju dan sejahtera. “Kata Beliau mudah mudahan hujan ini menjadi berkah dan ke-depannya anggota Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera menikmati hasil yang memuaskan”.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan