POTENSI PERTANIAN DAN PETERNAKAN DESA PEJARAKAN

Sosialisasi Sapi Potong

Peternakan dan Pertanian menjadi salah satu penghasilan terbesar di Desa Pejarakan disisi lain juga penghasilan masyarakat lainnya di bidang tambak garam, tambak udang, Pekerja swasta, pedagang, pelaku pariwisata dan lain lain. Sektor pertanian dan peternakan yang sangat serius mendapat pendampingan dari Dinas Kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat. Dinas Kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat sangat aktif memberikan pendampingan bagi kelompok – kelompok tani ternak di Desa Pejarakan, baik itu pendampingan di bidang pengembangan pakan ternak, pengolahan pakan ternak, Pengolahan pupuk, penjualan ternak, pengairan irigasi, cara penanaman tumpang sari, penyediaan air untuk musim kemarau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya dibidang pendampingan, Dinas Kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat juga memberikan bantuan  – bantuan untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan di Desa Pejarakan. Dari sektor peternakan Dinas Kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat sudah memberikan bantuan seperti bibit pakan ternak yang baik untuk perkembangan ternak,  bibit ternak, rumah ternak, rumah pengolahan pakan ternak, alat pengolahan pakan ternak, embung penyimpanan air ternak, jalan ternak dan lain-lainnya , sedangkan dari sektor pertanian Dinas Kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat juga sudah memberikan bantuan seperti bibit jagung unggul, pupuk bersubsidi, pupuk organik, bibit buah buahan, embung penyimpanan air untuk penyiraman di musim kemarau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masyarakat Pejarakan yang aktif di bidang pertanian dan peternakan diwajibkan membuat kelompok – kelompok tani ternak yang bertujuan mempermudah Pengurus Desa, Dinas kabupaten, Provisi dan Pemerintah Pusat untuk memberikan pengarahan pengarahan serta mempermudah didalam berkoordinasi. Di Desa Pejarakan sendiri ada 16 (enam belas) kelompok tani ternak yang bergabung di dalam “GAPOKTAN” (gabungan kelompok tani ternak desa pejarakan) dan anggota anggota GAPOKTAN Desa Pejarakan diantaranya :

  1. Kelompok Tani Ternak Suka Maju (Banjar Dinas Goris)
  1. Kelompok Tani Ternak Wisnu Nadi (Banjar Dinas Goris)
  1. Kelompok Tani Ternak Suka Nadi (Banjar Dinas Goris)
  1. Kelompok Tani Ternak Kerta Bhuana (Banjar Dinas Goris Kemiri)
  1. Kelompok Tani Ternak Bukit Sari (Banjar Dinas Goris Kemiri)
  1. Kelompok Tani Ternak karya Sejati (Banjar Dinas Goris Asri)
  1. Kelompok Tani Ternak Putra Sejahtera (Banjar Dinas Pejarakan)
  1. Kelompok Tani Ternak Cipta Karya (Banjar Dinas Pejarakan)
  1. Kelompok Tani Ternak Karya Sejati (Banjar Dinas Pejarakan)
  1. Kelompok Tani Ternak Pagubugan Taman Sari (Banjar Dinas Goris Pasar)
  1. Kelompok Tani Ternak Darma Sentana (Banjar Dinas Sandi Ketha)
  1. Kelompok Tani Ternak Putra Sentana (Banjar Dinas Sandi Ketha)
  1. Kelompok Wanita Tani Darma Laksmi (Banjar Dinas Sandi Ketha)
  1. Kelompok Tani Ternak Karya Mandiri (Banjar Dinas Batu Ampar)
  1. Kelompok Tani Ternak Budi Karya (Banjar Dinas Batu Ampar)
  2. Kelompok Tani Ternak Kerta Lestari (Banjar Dinas Banyuwedang)

Dilihat dari banyaknya jumlah penduduk Desa Pejarakan masih belum seimbang-nya dengan kelompok tani ternak yang sudah tergabung diGapoktan saat ini, maka diperlukan kesadaran dan peran aktif masyarakat untuk mempermudah pemerintah pusat memberikan pengarahan, pemahaman dan bantuan. Keaktifan masyarakat nantinya diharapkan bisa mengubah perekonomian masyarakat itu sendiri, perekonomian desa khususnya, dan meningkatkan perekonomian pemerintah pusat pada umumnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan